PEMUDA memiliki peran vital di masa dating. Maka, diharapkan tidak ada lagi anggapan  peran pemuda tidak begitu penting dan tidak ada lagi anggapan bahwa pemuda hanyalah generasi transisi yang minim pengalaman sehingga kepercayaan terhadap pengambilan keputusan pun dianggap belum mumpuni. Untuk itu perlu diciptakan generasi pemuda yang tangguh dan diharapkan memiliki karakter yang kuat untuk membangun  bangsa dan negara. Ditambah memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan mampu bersaing serta dapat memajukan bangsa Indonesia nantinya.

Sehubungan pentingnya peran pemuda sebagai pilar bangsa  yang tangguh, salah satu cara yang dapat diberikan adalah pembentukan pemuda tersebut dengan memberikan pengetahuan melalui seminar. Untuk hal tersebut MPK SMA Labschool Cibubur  mengadakan seminar politik bagi siswa- siswa SMA di Jabodetabek. Kegiatan tersebut diberi nama Cycolative (Cibubur Youth Colloquium of Legislative ).

“Melalui kegiatan Cycolative  ini diharapkan bisa memberi pengetahuan yang lebih tentang fungsi serta peran pemuda sebagai sumber daya manusia yang akan datang. Kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antara MPK SMA Labschool Cibubur dengan SMA MPK se-Jabodetabek,” kata Ali Chudori, Kepala Sekolah SMA Labschool Cibubur.

Kegiatan yang diadakan pada 16 Februari 2017 di SMA Labschool Cibubur ini mengangkat tema; “Pemuda sebagai Pilar Bangsa yang Tangguh”. Kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi dari Rizky Emirdhani Utama yang membahas tentang pendidikan politik serta Alwan Hafizh yang membahas tentang kepemimpinan. Rizky Emirdhani adalah salah satu pemuda sukses yang pernah menjadi salah satu staf ahli DPR RI. Sedangkan Alwan Hafizh adalah alumni Labschool Rawamangun yang pernah meraih gelar sebagai mahasiswa berprestasi di Universitas Gadjah Mada serta dinobatkan sebagai perwakilan Indonesia pada sebuah kongres mahasiswa di Amerika Serikat.

Kegiatan Cycolatif ini diikuti seluruh perwakilan anggota Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) Se Jabodetabek. Kegiatan ini sudah memasuki tahun ketiganya dan selalu mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari para peserta kegiatan tersebut. Bahkan pada dua tahun yang lalu, kegiatan ini pernah melahirkan sebuah organisasi MPK se-Kota Bekasi dalam wadah ASOMSI (Asosiasi MPK Se Kota Bekasi). (*/jimmy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here