Desa Kalimanggis, Harjamukti, Cimanggis, Depok mengadakan syukuran, Senin (2/10) pagi.  Acara ini merupakan tradisi warga Kalimanggis yang biasa dilaksanakan setiap bulan Sura (Muharam). Selain itu, kegiatan ini juga biasa dikenal dengan hajatan atau sedekah bumi bagi warga tersebut. Sebab sejak zaman dahulu, upacara adat ini dilakukan para leluhur Kalimanggis sebagai bentuk terimakasihnya kepada bumi.

Menurut keterangan ketua RW 09, H Sinan, cagar budaya ini harus dilestarikan.

“ Saya juga dapet informasi juga saran dari atasan, Lurah juga camat, memang kalau ada tradisi dimasing-masing kampung itu, harus dilestarikan dan jangan sampai hilang,” ujar H Sinan kepada Tabloid Cibubur Aktual (TCA), saat ditemui di lokasi, Senin (2/10) siang.

Pesta bumi atau selametan bumi ini biasa dilakukan tiga hari tiga malam sejak Minggu hingga Selasa, 3  Oktober 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama warga Kalimanggis, mulai dari tokoh-tokoh masyarakat seperti, H Odih, H Sinan, H Niman, H Jarot, H Mi’ih dan juga segenap Karang Taruna RW 09.

Menurut keterangan Tokoh Masyarakat, H Odih, puncak acara tersebut dilaksanakan Senin, karena kegaiatan inti dilaksakan hari itu.

“Puncaknya hari ini, karena ada sedekahan dan topeng betawi malemnya,” ujar H Odih.

Dia juga mengatakan, pesta bumi ini dilaksanakan di petilasan atau sumur kramat yang sudah dilakukan turun temurun.(Rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here