SEIRING pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia melemah. Hal itu membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti lingkaran hitam, cekung di bawah mata, garis halus turun di sekitar mulut, pipi dan mata, serta warna kulit tidak secerah, sehat dan tegas seperti dulu. Perawatan platelet rich plasma atau yang lebih dikenal dengan sebutan PRP kini semakin populer, dan menjadi perawatan pilihan oleh wanita maupun pria karena sifatnya yang organik. Dengan menggunakan plasma darah yang diambil dari darah pasien itu sendiri lalu disuntikkan ke wajah dimana efek sampingnya hampir tidak ada karena tubuh tidak mungkin menolak darahnya sendiri. Plasma tersebut banyak mengandung “growth factor” yang akan merangsang tumbuhnya jaringan kolagen di kulit.
PRP sendiri merupakan produk alami yang dibuat dari tubuh sendiri. Sejumlah kecil darah diambil dari lengan dan ditempatkan dalam tabung steril lalu di sentifugasi dengan tujuan memisahkan berbagai komponen darah. Sel darah merah dan putih dibagi dari platelet dan plasma (cairan bening). plasma ini mengandung jumlah trombosit yang lebih tinggi dari biasanya dan disebut plasma kaya trombosit atau PRP.
Salah satu dokter Natasha Skin Clinic Center dr Mardanis yang biasa disapa dr Dennis mengatakan, trombosit adalah sel-sel dalam darah yang membantu jaringan untuk meyembuhkan dan menumbuhkan sel-sel baru.

“ PRP disuntikkan ke area tertentu pada kulit, bertindak sebagai matriks yang merangsang pembentukan kolagen anda sendiri untuk tumbuh, meregenerasi jaringan, dan dengan demikian bertindak secara alami menghaluskan dan mengencangkan kulit. Dengan cara ini PRP mengurangi kerutan, menciptakan tekstur kulit yang lebih halus dan terlihat sehat,”tutur dr Dennis, Kamis (2/7).

PRP memiliki sejarah panjang yang dgunakan dalam kedokteran ortopedi, kedokteran gigi, dan bedah rekonstruksi, dan sekarang manfaatnya diterapkan di bidang kedokteran lain seperti dermatologi, penyembuhan luka pada kulit, dan peremajaan wajah pada estetika. Study ilmiah sejak 30 tahun lalu telah mendokumentasikan bahwa PRP merangsang pembentukan colagen baru, dan study yang lebih baru menunjukkan bahwa PRP dapat mengatasi kerusakan akibat sinar matahari dan masalah penuaan kulit.

Prosedur PRP sangatlah mudah, sejumlah darah akan diambil melalui vena pada lengan, saat PRP sedang dipersiapkan wajah akan dibersihkan dan di anestesi dengan gel anestesi. Setelah wajah baal, PRP kemudian disuntikkan intra kutan dengan menggunakan microneddle kebagian tertentu atau seluruh wajah bila perlu. Prosedurnya cepat, relatif tidak nyeri, dan tidak memerlukan perawatan khusus pasca prosedur atau waktu istirahat dari kegiatan sehari-hari. Kemerahan, pembengkakan ringan, atau memar memudar dalam waktu 1-2 hari. PRP terbuat dari sel anda sendiri dan tidak menimbulkan efek samping negatif. Hasil mulai menunjukkan 3-4 minggu setelah sesi perawatan dan terus membaik seiring berjalannya waktu. Tiga sesi perawatan umumnya direkomendasikan berjarak 1-2 bulan untuk mencapai hasil terbaik.

Terapi PRP dapat dikombinasikan dengan perawatan light therapy, laser fractional, microdermabrasi, mesotherapy, botox, maupun threadlift sebagai solusi dari keluhan masing-masing pasien. Saat ini Natasha Skin Clinic Cibubur bekerja sama dengan Prodia Cibubur dalam memproses sampel darah pasien menjadi plasma yang kaya akan trombosit tersebut. Info lebih lanjut silahkan mengunjungi cabang Natasha Skin Clinic di Jl Alternatif No. 37 Ruko C-D Cibubur Bekasi, Kel/Kec Jati sampurna- Cibubur Bekasi Jawa Barat, Telp 021 84312778, 84312779.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here