KEBUTUHAN Anda akan asisiten rumah tangga (ART) seperti baby sitter, juru masak, karyawan toko, nanny, perawat lansia, satpam, driver, hingga tukang kebun, pastinya terus meningkat. Sementara di Indonesia, komunitas tenaga kerja ini ada sekitar 20 juta orang.

Nah, House Solutions Indonesia membuat sebuah terobosan dengan menghadirkan aplikasi solusi satu pintu yang diberi nama House Solutions. “Aplikasi yang diluncurkan 5 Agustus 2019 ini dapat diunduh di Google Play Store dan App Store dengan nama House Solution.

Selain dapat diakses melalui web kami http://housesolutionsindonesia.com/ juga dapat menghubungi kami di nomor 021-22809571 atau 0811 1777 395, 08131 0999 653, 0858 8966 7898 dan 0852 1025 1027.
Tujuan aplikasi ini adalah memudah­kan customer atau pihak tenaga majikan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan menjamin pekerjaan bagi para pencari kerja yang menjadi mitra kami,” kata Thomas Malau, Direktur Utama House Solutions Indonesia kepada Tabloid Cibubur Aktual (TCA).

Setelah adanya aplikasi House Solutions, kata Thomas, customer tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk mendapatkan pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang mereka tawarkan.

Apa yang baru dari aplikasi ini yang membuatnya beda dengan aplikasi bursa kerja yang sudah ada sebelumnya?
“Saya ambil dari sisi mitra kami dulu, kenapa mereka tertarik bergabung dengan kami. Di House Solutions ini kita tidak memberlakukan syarat berbagi hasil seperti di aplikasi-aplikasi lain. Artinya, si mitra ini bergabung dengan kami gratis. Berikutnya lagi, kita berikan jaminan. Mitra di awal kita daftarkan gratis di BPJS ketenagakerjaan sehingga itu bisa mengcover dia jika sewaktu-waktu dia bekerja terjadi sesuatu di luar kehendaknya, ada BPJS mengcover,” terang Thomas.

Setelah terdaftar menjadi mitra House Solution, para pencari kerja ini diberikan pelatihan secara gratis supaya mereka lebih trampil. Di House Solution Training Center para calon tenaga kerja ini mendapatkan pelatihan atittude, ketrampilan,dilatih pengetahuan, terma­suk cara berkomunikasi.

Thomas Malau menekankan, di bagian inilah bedanya tenaga kerja yang bergabung dengan House Solutions. “Setelah mendapatkan pelatihan, benefit mitra ini juga kami tentukan, sesuai dengan kemampuan mereka. House Solutions punya standar sendiri untuk tenaga kerja ini,” tegasnya.

Jadi, para pemilik pekerjaan, kata Thomas lagi, sekarang jika ingin mendapatkan tenaga kerja untuk ART, silakan download aplikasi House Solutions.

Apa keuntungan aplikasi House Solutions bagi mereka? “Mereka tidak perlu direpotkan lagi dengan urusan ART, karena sudah ada aplikasi yang mudah, cepat dan praktis. Mereka tidak perlu menghubungi penyalur dan mencari ke mana-mana ketika butuh ART. Di aplikasi ini, ada ribuan ART yang dengan mudah mereka temukan dan mereka bisa langsung dipekerjakan. House Solutions mempermudah dan membuat jalur satu pintu hubungan antara pencari kerja dan pemilik pekerjaan. Jadi antara kedua pihak ini tidak perlu lagi melewati banyak tahapan untuk bertemu, di aplikasi ini mereka bisa bertemu langsung dan saling berkomunikasi,” paparnya.

Bagi House Solutions yang paling penting, intinya, mitra mereka jadi memiliki kepastian untuk menyambung hidup atau mencari pekerjaan. Tidak perlu lagi melamar ke sana-sini atau mencari penyalur. “Mereka cukup daftar online, verifikasi data dan datang ke Training Canter, mendapat pelatihan dan kita aktivasi akunnya,” lanjut Thomas.
Aplikasi ini bisa didownload di Play Store dan App Store, dapat diakses untuk seluruh wilayah Indonesia. Tapi untuk awal ini, orderan baru mencapai wilayah Jabodetabek.

Bagaimana aplikasi mendapatkan kualitas tenaga kerja yang ditawarkan? House Solutions memiliki SOP untuk standardisasi. “Para mitra itu secara database terverifikasi. Untuk syarat bergabung dan memiliki akun aktif di aplikasi, mereka akan kita latih, layak tidak untuk bergabung menjadi mitra. Dan tahapan berikutnya, kalau mereka tidak lolos akan kita berikan kesempatan sekali lagi sampai dia memiliki standar kualitas kami,” jelasnya.
Apakah para pencari kerja dan pencari tenaga kerja yang registrasi dikenakan fee ketika terjadi deal hubungan kerja? “Apabila terjadi deal antara customer dan mitra itu pastinya ada fee. Tapi itu seutuhnya kita mengambil dari pihak customer bukan dari mitra karena di sini kita justru ingin membantu mereka para pencari kerja Indonesia untuk menaikkan taraf ekonominya. Jadi dari mereka, jangankan kami dapat fee, berbagi keuntungan saja tidak,” urai Thomas.

Thomas mengharapkan dalam perjalanannya nanti aplikasi House Solutions bisa memberi dampak yang luas bagi bangsa Indonesia. “Terutama cita-cita saya ini memberikan dampak yang positif bagi seluruh tenaga kerja Indonesia. Di Indonesia ada 20 juta yang mencari pekerjaan ke sana-sini. Sekarang hanya dengan mendaftar ke kita, menjadi mitra, mereka ada di depan pekerjaan yang begitu luas. Dan bahkan masyarakat di pedesaan pun bisa menikmati aplikasi ini. Karena gampang diakses. Pada perkembangan selanjutnya, House Solutions akan mendirikan training center di kota-kota besar di Indonesia, agar pencari kerja tidak perlu lagi datang ke Jakarta,” pungkasnya. (Chi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here